By: TwitterButtons.com

"Mana semangatnya?"

Posted by BuNgAnJaSH


Hari ini setelah lewat beberapa tahun hilang kontak, gw akhirnya ketemu lagi sama salah satu dedengkot aktivis kampus jaman gw kuliah dulu (Sebut aja namanya dengan A'a R. Kenapa A'a R? satu, karena memang orang Sunda; klo huruf R-nya mah karena memang namanya dimulai dari huruf R; Kenapa g gw tulis aja nama aslinya? karena blog ini merupakan area publik, g etis aja rasanya kalo gw tulis nama aslinya disini).
Awalnya tuh gara-gara gw nulis pesan di wall dia nanyain dia punya blog apa nggak.. eh dengan semangat 45, A'a R langsung nelfon gw. Akhirnya, gw pun meladeni si A'a dengan semangat 45 juga.. Alias langsung ngajak ketemuan hari ini juga.. hehehehe.. dan jadilah gw (dan laki gw) meluncur ke daerah kediaman A'a R di bilangan Kalibata.
Berhubung si A'a g ngasih tau alamat lengkapnya, jadilah gw dan laki gw nungguin dia di depan Taman Makan Pahlawan Kalibata. G nyampe 10 menit, A'a nongol ngejemput kita berdua sama temennya.

Seperti yang masih gw inget.. A'a tetap mempertahankan kebiasaannya jaman dulu tiap ketemu gw.. YA!!! Masih aja tuh pipi gw dicubitin!! (Padahal udah g se-gembil dulu kan ya, A? Berat badan gw kan dah turun 20 kg sejak jaman kuliah!).
Dan masih aja A'a ribet nyiapin biar orang-orang yang datang berkunjung merasa nyaman.. Sampe g enak hati jadinya... Mulai dari teh botol sampe kopi (Padahal hari ini gw dah ngopi 3 gelas!! Berhubung g enak hati kalo nolak, gw tenggak habis tuh gelas kopi ke 4 gw hari ini!!), rokok, sampe Indomie goreng... bahkan A'a sempet-sempetnya mainin gitar sambil nyanyi-nyanyi kecil biar tamunya g bosen nungguin Indomie mateng! (Salut untuk keramahannya, A'a R!!!!).

Setelah basa-basi sebentar dan ngenalin laki gw ke dia, kita pun bernostalgia tentang masa lalu. Tentang jaman baheula waktu reformasi masih bergema gaungnya. Kita juga saling update kabar kawan-kawan sesama aktivis kampus dulu. A'a cerita bahwa si "D" sekarang buka bisnis sendiri sambil jadi dosen di salah satu perguruan tinggi swasta di jakarta; Si "E" sempet terdampar di Macau (tujuan awal "E" adalah kerja ke New Zealand.. malah jadi korban penipuan penyalur tenaga kerja dan nyasar di Macau), trus di tahan karena visanya habis dan akhirnya bisa pulang ke Indonesia; A'a juga cerita tentang salah satu dedengkot aktivis seangkatan dia, si "G".. si "G" sempet mensuplai arang untuk pasar-pasar tradisional, padahalnya tadinya kerja si "G" tuh sebagai salah satu staf PBB; Tentang si "A" yang punya restaurant di daerah Kuta, Bali; Tentang "MY" yang jadi fotografer; Tentang "N" yang akhirnya sukses berbisnis dan punya kartu nama dengan ciri khas logo kapal tanker; Tentang si "M" yang kerja di salah satu provider telekomunikasi swasta di Indonesia; si "P" yang sudah menikah tapi kurang produktif; sampe ke si "DM" yang katanya kerja di salah satu departemen store di daerah Kelapa Gading sebagai Supervisor dan agak-agak trauma kalo harus berhubungan dengan "lingkaran aktivis/mantan aktivis" (termasuk gw)!.
Gw sempet nanya sama A'a "Kenapa sih si "DM" trauma?" A'a pun ngejelasin ke gw, bahwa sejak gw absen lama dari pertemuan-pertemuan kawan-kawan.. banyak kejadian heboh... mulai dari "GD" yang harus diadili karena perbuatan makarnya (ngebakar foto penguasa), keciduknya 12 anggota organisasi kita saat lagi demo di depan Kejaksaan Tinggi, sampe divonisnya "C" yang dihukum seumur hidup karena kasus mutilasi.... dan yang terakhir disebutin itu yang bikin kawan-kawan bubar jalan... yang (menurut A'a) juga bikin "DM" trauma.... bahkan kasus yang terakhir itu masih belum bisa di bahas secara terbuka diantara kawan-kawan... Ya iyalah pada TRAUMA!!! Mutilasi gitu....... Gw aja yang denger ceritanya telat, masih kaget... Gimana dengan kawan-kawan yang sehari sebelumnya masih berinteraksi dengan "C"??

Well, intinya udah banyak yang berubah... Ada yang udah nikah, udah punya anak, ada yang baru mau nikah, ada juga yang masih bujangan... Ada yang sukses (Takaran sukses itu apa ya?), ada juga yang masih begitu-begitu aja (Termasuk gw nih kayanya.. masih begitu-begitu aja)... Ada yang punya bisnis, ada yang jadi karyawan, ada yang milih jadi profesional... Sepuluh tahun lalu, kita semua masih berstatus mahasiswa...
Alesan gw nulis ini sebenernya karena gw sepaham ma A'a... Jangan sampai silaturahmi terputus... Meskipun jarak misahin kita semua, meskipun waktu kita untuk nongkrong dan diskusi g sebanyak sepuluh tahun yang lalu.. Bukan berarti kita udah saling ngelupain.. Bukan berarti kita sudah tumbuh jadi makhluk yang individualistis.. Toh, udah bukan jaman rikiplik... udah ada Internet... Bisa kirim email; bisa chatting lewat YM, Skype, Facebook, Twitter... Bisa juga tukeran Pin BB...

Kalo boleh, gw cma sekedar pngen ngingetin kawan-kawan (Halah! Sok Bijak dan Sok Arif bener sih gw!).. Jangan lupa untuk saling sharing pengalaman, Berbagi ilmu, saling kasih pendapat dan saran, kasih kritik, kasih kerjaan (kalo ada emang ada project-nya.. kenapa g?), dan terutama saling ngasih semangat.... Karena (seperti yang sudah gw alamin) hidup itu kaya roda yang selalu berputar.. kadang posisi di atas, kadang di bawah.. Semua pasti ada masanya.. Perubahan itu selalu terjadi... Persis seperti yang dulu kita koar-koarkan "tidak ada yang abadi di dunia ini selain perubahan itu sendiri"..

Inget g jaman dulu A'a R suka tiba-tiba bilang "Mana semangatnyaaaaa?" (dengan intonasi suara khas yang cuma bisa dibikin sama si A'a) tiap ngeliat kita pada buntu ide... Kalimat simple dari A'a R (plus nyanyian yang diiringi petikan gitar si A'a) bisa bikin kita bersemangat lagi..
Jadi, gw harap tiap kawan-kawan lagi lesu dan kurang semangat.. Inget aja gaya kocak A'a R dan kalimat khasnya itu... dijamin.. pasti semangat lagi (kali ini semangat untuk cari duit, bukan untuk demo atau untuk diskusi kaya jaman dulu).. Yah minimal 'kan bisa senyum-senyum sambil ngebayangin gayanya si A'a yang kocak tapi tulus untuk nyemangatin kita...

"Mana Semangatnyaaaaa ?"

0 comments:

Post a Comment

Translate This !